Manfaatkan Hari Jomblo Cina, Dalam 20 Jam Alibaba Raup $15 Miliar

Bagi rekan-rekan yang belum mengetahui, terdapat sebuah perayaan unik di negara Cina yang terjadi beberapa waktu lalu. Perayaan ini dinamakan Hari Jomblo yang digelar setiap tanggal 11 November. Tidak hanya unik, ternyata perayaan yang hanya ada di China ini juga mengandung potensi yang luar biasa besar.

Dari situ, perusahaan #e-commerce Alibaba lah yang mencoba untuk memanfaatkan potensi tersebut dengan mengadakan program promsi khusus. Dan hasilnya sungguh luar biasa, Alibaba berhasil meraup pendapatan hingga 15 miliar dollar hanya dalam waktu 20 jam saja selama perayaan hari tanpa pasangan ini.

Pencapaian Besar Alibaba

Sebagai salah satu e-commerce besar di dunia, Alibaba telah menjadi ikon baru perusahaan teknologi Asia. Tidak hanya menguasai beberapa pasar sentral, Alibaba bahkan sudah mampu bersaing dengan beberapa pemain lawas seperti Amazon yang sudah lebih dulu menjalankan bisnisnya.

Namun berkat kejelian dari sang pendiri, Jack Ma, Alibaba berhasil menyusul ketertinggalan bahkan sekarang bersaing menjadi salah satu perusahaan e-commerce terbesar di dunia.

Artikel lain: Menilik Langkah Cerdik Alibaba Akuisisi Lazada

Dan lagi-lagi, kejelian Jack Ma memanfaatkan peluang sangat nampak dari keberhasilan Alibaba mencatatkan pendapatan terbesar sepanjang 2016 yakni mencapai 15 miliar dollar hanya dalam waktu kurang dari 1 hari saja.

Pencapaian ini tentu tidak terjadi begitu saja. Karena keberhasilan melakukan penjualan dalam jumlah fantastis tersebut, dapat tercapai berkat adanya sebuah event khusus di negara Cina yakni hari jomblo, 11 November lalu.

Mengutip sedikit sejarah dibalik hari jomblo, dimulai pada tahun 1993 lalu, ketika sekelompok mahasiswa dari Universitas Nanjing China melakukan perayaan kecil khusus bagi para mahasiswa yang belum mempunyai pasangan. Dari situ, hari jomblo mulai diperingati setiap tahun bahkan mampu bertahan hingga lebih dari 23 tahun sampai saat ini.
Cerdas Memilih Moment

Namun baru pada tahun 2009, perusahaan e-commerce Alibaba mulai melirik hari jomblo Cina sebagai potensi yang wajib untuk dimanfaatkan. Pada tanggal 11 November 2009, Alibaba mulai menawarkan promo khusus untuk beragam produk yang ditawarkan.

Dan pada tahun ini, Alibaba berhasil mencatat rekor yang sangat fantastis, yakni mampu meraup pendapatan 15 miliar dollar dalam 20 jam selama event khusus ini berlangsung. Tidak hanya itu saja, Alibaba juga menargetkan pencapaian hingga 20 miliar dollar di akhir event tahunan tersebut.

Dalam statistik tercatat, pembelian melalui perangkat mobile mendominasi hingga 84% dari total pembelian yang terjadi. Tidak hanya itu, produk yang paling laku terjual datang dari brand seperti Apple, Nike, New Balance, Playboy serta Skechers.

Yang menarik ternyata, meski berstatus sebagai e-commerce lokal China, konsumen dari Alibaba ternyata sudah menyebar ke seluruh dunia. Hal ini terbukti, karena ternyata hingga mendekati akhir event, mayoritas pembeli Alibaba justru datang dari Amerika, baru setelahnya diikuti oleh pembeli dari China.

Perkembangan Dari Tahun Ke Tahun

Jika sebelumnya beragam event yang dilakukan oleh Alibaba hanya bersifat tertutup dan ada kerjasama dengan sedikit brand ataupun merchant, pada tahun ini Alibaba mulai membuka diri jalan kerjasamanya bersama Tmall, online store milik Alibaba, serta beberapa brand lain yakni Gap, Starbucks, Costco, Macy’s dan Zara.

Mengulas di tahun sebelumnya, pada tahun 2009 event yang sama berhasil mencatat pendapatan hingga 7 juta dolar. Pada waktu itu, Alibaba sudah menggandeng kurang lebih 27 merchant dalam daftar produknya. Bergerak pada tahun 2014 lalu, pendapatan pun meningkat tajam hingga 9,3 miliar dollar hanya dalam waktu 12 jam saja.

Baca juga: 5 Pelajaran Penting Dari Raksasa Ecommerce China Alibaba

Angka tersebut terus meningkat dan terbukti di tahun 2015, Alibaba berhasil mengumpulkan pendapatan sekitar 14,3 miliar dolar berkat hari jomblo nasional.

Dari sisi jumlah brand yang ikut dalam jaringan Alibaba pun semakin meningkat. Tercatat ada 30ribu brand dari 25 negara berbeda yang menjual produknya lewat jaringan Alibaba. Sekitar 120ribu penjualan berhasil dibuat setiap menitnya. Jumlah tersebut bahkan setara dengan 3 kali jumlah penjualan yang terjadi pada event Cyber Monday dan Black Friday di tahun 2015. Luar biasa!

No Responses

Write a response